PFN Gelar Festival Percepatan Pemulihan Ekonomi Bersama Perempuan


JAKARTA, Perum PFN – Perusahaan Umum Produksi Film Negara (Perum PFN) kembali menggelar Vital Voices Festival (VVF) 2020 di Jakarta, 5-12 Desember 2020. Tema yang diangkat kali ini adalah Percepatan Pemulihan Ekonomi Bersama Perempuan. Invest in Women, Speed-up Economic Recovery.

Vital Voices Festival ini, 80 persen digelar secara virtual (online), kecuali acara pembukaan dan penutupan yang disertai acara offline dengan peserta yang sangat terbatas sesuai protocol kesehatan. Acara pembukaan akan dilangsungkan di Studio PFN, Jl. Otto Iskandardinata 125-137, Jakarta. Sementara acara penutupan akan diadakan di Kantor Kementerian Tenaga Kerja.
Agar bisa mengikuti acara tersebut secara online para peserta yang berminat mendaftar pada formulir yang disiapkan oleh penyelenggara, terutama untuk acara nonton film karena tempat yang disediakan sangat terbatas. Pada kegiatan VVF 2020 ini, Perum PFN bersinergi dengan PT Telkom untuk memanfaatkan teknologi CloudX.

Vital Voices Festival (VVF) adalah ajang pertemuan pekerja perempuan yang berkegiatan dalam industri kreatif dan film, dengan perempuan pekerja di berbagai sektor baik dari swasta, akademisi, lembaga swadaya masyarakat, BUMN dan pemerintahan. Ajang ini dilakukan agar mereka dapat saling bertukar pengalaman dan ilmu dalam mengembangkan karir, maupun untuk mengenal peluang kerja ataupun peluang usaha yang ada dalam industri kreatif dan film.

Dalam ajang ini, berbagai sesi diskusi dan pelatihan dilakukan dengan menghadirkan tokoh perempuan untuk berbagi ilmu pengetahuan, ketrampilan, kiat dan pengalaman dalam menghadapi tantangan-tantangan dalam perannya sebagai perempuan pekerja, berprofesi dan dalam kehidupan. Diharapkan dari sesi-sesi ini masyarakat akan mendapatkan pengetahuan dan pembanding tentang lapangan pekerjaan dan peluang usaha yang ada dalam industri film, seni dan budaya.

Berdasarkan data BPS 2019, ada 131 juta jiwa atau hampir setengah dari populasi penduduk Indonesia adalah perempuan. Artinya, perempuan merupakan penyumbang setengah dari kekuatan sumber daya manusia bangsa ini (47%).

Keterlibatan perempuan menjadi syarat mutlak dalam upaya mewujudkan pembangunan yang berkeadilan. Negara tidak mungkin sejahtera jika para perempuannya tertinggal, tersisihkan dan tertindas.

Vital Voices Festival adalah upaya memperkuat perempuan mendukung perempuan lainnya dan membangun ekosistem untuk membuka peluang kerja bagi perempuan-perempuan muda.

Tetap Tumbuh
Di industri film sendiri, sejak tahun 1998 sampai dengan 2017, jumlah orang yang pernah terlibat sebagai pekerja film di Indonesia mencapai 23.000 orang. Jumlah itu tentu sangat kecil dibandingkan dengan jumlah usia pekerja perempuan Indonesia. Padahal, peluang kerja dan usaha di industri perfilman terus meningkat.

Perum PFN menggelar VVF Pertama tahun 2019 lalu dengan mengambil tema Perempuan dalam Film, Seni dan Budaya. Saat itu diikuti oleh 1.700 peserta yang hadir pada 13 talkshow dengan 27 pembicara yang mewakili pemerintah, swasta, BUMN, akademisi dan lembaga masyarakat. Selain talkshow juga diselenggarakan 11 sesi pelatihan, pemutaran 14 film karya sineas unggulan Indonesia secara cuma-cuma bagi masyarakat dengan keterbatasan ekonomi, dan pameran tentang industri asuransi dalam mendukung industri film.

Kali ini, dengan tantangan Covid-19 yang mengakibatkan hampir seluruh sector terkena dampak, Vital Voices Festival tetap diisi format acara. Namun, kontennya terus berubah. Adapun festival akan berlangsung secara hybrid online-offline dengan program antara lain 7 talkshows, 7 pelatihan, dan nonton bareng film di Bioskop Rakyat PFN. Selain juga disertai dengan Kompetisi Film Pendek, Kompetisi Feature Video dan Kompetisi Vlog Anak-anak.

Leave a Comment

Your email address will not be published.