Everything is Possible, Rahasia Sukses Pemimpin Muda

10 Juli 2020, Indonesia Muda Club (IMC) merupakan sebuah inisiasi dari kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam bentuk sebuah forum dari generasi muda BUMN dan profesional muda dari berbagai bidang atau sektor yang mengajak masyarakat untuk turut berperan aktif dalam membahas isu-isu yang nantinya dapat menjadi solusi dari suatu permasalahan kompleks agar dapat memberikan kontribusi bagi bangsa Indonesia.

Acara dwimingguan ini, pada kesempatan kali ini mengangkat tema “Everything is Possible – Rahasia Sukses Pemimpin Muda” yang menghadirkan para pemimpin muda yang berkarir di perusahaan-perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan perusahaan swasta yang ada di Indonesia yaitu Ferro Ferizka A (Worldwide Senior Program Lead Microsoft/Presdir IDN Next Leader Foundation), Alamanda S. Santoso (Founder Binar Academy/Komisaris Mandiri Capital), Christine Hutabarat (Direktur Pengembangan Bisnis Hotel Indonesia Natour), dan M. Tantra Maulnana (SVP Program Management Office Krakatau Steel). Acara ini dipandu oleh Arya Sinulingga (Staff Khusus Menteri BUMN).

Arya Sinulingga memulai acara dengan antusias menyapa keempat narasumber atau profesional muda dengan memperkenalkan masing-masing narasumber serta menyebutkan berbagai prestasi yang pernah dicapai oleh masing-masing narasumber.

Diskusi dimulai dari masing-masing narasumber menceritakan pengalaman kehidupan dari awal berkarir hingga bisa menempati karir yang sekarang sedang dijalani dan menyampaikan hal-hal yang menjadi landasan mereka dalam berkarir. Selanjutnya membahas apakah karir yang sedang diemban oleh narasumber ini merupakan karir yang memang sesuai dengan diri mereka masing-masing. Pada segmen ini jawaban yang dilontarkan begitu bervariasi dari masing-masing narasumber ada yang berkata memang sudah pas dengan karir yang sedang dijalani. Ditanya lebih lanjut tujuan dari mengemban karir tersebut yaitu dimanapun perusahaannya maka intinya adalah memberikan kontribusi atau manfaat yang paling optimal kepada perusahaan tersebut dengan karir yang dimiliki, sampai kepada jawaban bahwa “Knowing your life purpose” is important. Memang para narasumber sendiri setuju dengan pernyataan yang menjelaskan bahwa terus menabung pengalaman atau experience sebanyak-banyaknya, tidak terbatas pada menabung secara materi.

Acara ini cukup interaktif dengan audiens. Dilihat dari banyaknya pertanyaan dari audiens diantaranya ada yang memberi pertanyaan bagaimana strategi ketika menghadapi situasi pandemi seperti saat ini? kemudian bagaimana tips untuk bisa melahirkan jiwa kepemimpinan kepada para pegawai milenial? Narasmber mengatakan bahwa harus tetap beradaptasi dan melakukan inovasi-inovasi baru untuk tetap dapat berjuang dan menyeimbangkan cashflow dari perusahaan. Sementara tips untuk melahirkan jiwa kepemimpinan kepada para pegawai milenial bahwa setiap orang itu memiliki jiwa kepemimpinan, namun untuk menjadi seorang pemimpin dibutuhkan sebuah visi dan tujuan serta kemampuan persuasi yang baik. Sehingga, perlu adanya transfer knomledge dari senior leader kepada calon-calon leader masa depan.  Serta memberikan kepercayaan kepada para milenial untuk memegang kendali dalam suatu pekerjaan yang ruang lingkup nya mulai dari hal yang kecil hingga yang komplek. Dari situ akan tercipta harmoni kepemimpinan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.