Perum PFN Berpameran di Museum Indonesia

Perum PFN turut melakukan Pameran Kultur Sinema “Gelora Indonesia” (Arkipel Film Festival) yang berlangsung pada tanggal 18-25 Agustus 2019 di Museum Nasional, Jakarta. Pameran tersebut diselenggarakan oleh Forum Lenteng dan Pusat Pengembangan Perfilman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Pusbang Film Kemendikbud), dengan melibatkan empat lembaga yaitu Forum Lenteng, Pusbang Film Kemendikbud, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), dan Perum PFN untuk ikut serta menjadi peserta di dalam pameran tersebut.

Film produksi Perum PFN yaitu Seri Gelora Indonesia diputar dan ditayangkan selama pameran tersebut berlangsung. Pengunjung pameran dapat belajar mengenai sejarah bangsa Indonesia melalui penayangan Film Seri Gelora Indonesia tersebut. Selain itu, Perum PFN juga memamerkan tokoh boneka Si Unyil dan kawan-kawan yang cukup menarik perhatian para pengunjung pameran mulai dari anak-anak hingga dewasa untuk sekedar foto bersama. Tidak lupa, film Serial Petualangan Si Unyil: Penjaga Tebu yang saat ini sedang tayang di Vidio.com juga ditayangkan dalam pameran tersebut.

Direktur Utama Perum PFN, Judith J. Dipodiputro menjadi salah satu pembicara dalam pameran Kultur Sinema “Gelora Indonesia” (Arkipel Film Festival), diskusi bertajuk “Restorasi Pengetahuan Sinema” yang diikuti oleh Pusbang Film Kemendikbud, ANRI, Perum PFN, dan PT Render Digital Indonesia. Diskusi “Restorasi Pengetahuan Sinema” tersebut memaparkan usaha  lanjutan dari membangun tradisi pendigitalisasian dan restorasi film-film bersejarah. Dibutuhkan strategi yang harus dibangun bersama antar lembaga terkait, agar semakin banyak masyarakat yang dapat memanfaatkannya dalam memproduksi pengetahuan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.